Minggu, 11 Januari 2009

Andai saya diberi dana awal oleh negara sebesar 1 Milyar untuk membenahi dan mengelola SIM Nas

Bila saya di beri tanggung jawab untuk membenahi dan mengelola simNas oleh Negara dan di beri dana sebesar 1 milyar, yang saya lakukan:

saya akan mencoba untuk membenahi struktur daftar database yang dibutuhkan dalam skala nasional dan daerah. Kemudian memilih database yang paling memungkinkan dan menjadi basic dari database E-Government. Selanjutnya menyusun draft format standar database & aplikasi E-Government yang mencakup design, struktur database, struktur coding dan sebagainya. Bahkan bila perlu jenis dan penamaan database serta field-field-nya distandarkan, sehingga membantu daerah dalam membangun sebuah Sistem Informasi E-Government.
Karena menurut saya database simNas masih sangat kacau. Pekerjaan ini tidak bisa saya lakukan sendiri, karena itu membutuhkan peran dari setiap daerah, sebab tanpa adanya suplay database dari daerah, pusat tidak akan memiliki data nasional yang up to date. Daerah harus mengorbankan Sistem Informasi yang telah dibangunnya untuk dikonversikan ke Sistem Informasi Nasional. Untuk membantu daerah agar tidak kacau, saya akan membuat sebuah team nasional yang handal untuk membangun sistem konversi database.





Tidak ada komentar: